LPK BINA INSANI
Rubrik : TKI Korea
TURUN BIAYA ‘PRELIMINARY TRAINING’ ; Korea Butuh 9.000 TKI
Sabtu, 28 Juli 07 - by : Admin_BI
JAKARTA (KR) - Biaya preliminary training bagi calon tenaga kerja Indonesia (Canaker) untuk Korea yang semula Rp 1.400.000 kini menjadi Rp 1.035.000 sesuai Keputusan Menakertrans No.KEP.256/MEN/VI/2007. Dengan adanya keputusan tentang biaya penempatan dan perlindungan calon TKI tersebut dapat memberikan nilai positif bagi calon TKI.

“Penetapan biaya preliminary training sekarang ini memang dirasakan berat bagi penyelenggaranya. Meski begitu, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI tetap melaksanakan kegiatan persiapan penempatan calon TKI ke Korea,’ kata Kepala Biro Umum BNP2TKI Agusdin Subiyanto kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Sesuai perjanjian G to G, jelasnya, Indonesia diberikan alokasi pengiriman TKI ke Korea 9.000 orang. Sekarang ini, nama-nama yang sudah dikirim ke negara tersebut sudah 7.500 nama. Namun begitu, tidak menjadi jaminan nama-nama yang dikirim dapat diterima sebagaimana yang diinginkan negara penerimanya.

“Jadi, pada prinsipnya pengiriman nama sesuai target yang diinginkan dapat kita penuhi. Namun, apakah langsung diterima sehingga para TKI nya bisa dikirim, belum menjadi jaminan,” ujar Agusdin.

Dalam kesempatan ini ia menyebutkan, lapangan yang dibutuhkan di Korea adalah manufakturing, pertanian, perikanan dan sektor formal. Ditanya mengapa para calon TKI tidak lagi melalui Balai Latihan Kerja (BLK), tetapi harus melalui preliminary training, menurut Agusdin, karena yang diajarkan bukan lagi berfokus pada bahasa, tetapi pada budaya dan disiplin kerja.

“Selain itu, difokuskan pada masalah perjanjian kerja,” tutur Agusdin seraya menambahkan, pelayanan terhadap TKI ini tidak boleh terhambat. “Semuanya harus berjalan lancar,” tegasnya.

Untuk itu, lanjutnya, semua yang menyangkut kebutuhan calon TKI akan menjadi perhatian penting. Pasalnya, hal itu sesuai yang diinginkan pemerintah. Jadi, dari training sampai pemberangkatan semuanya akan diurus. Karena itu, BNP2TKI juga sudah melakukan kerja sama dengan biro perjalanan (travel). (Ful)-o

Sumber : http://www.kr.co.id
LPK BINA INSANI : http://www.binainsani.com/BINA INSANI
Versi Online : http://www.binainsani.com/BINA INSANI/?pilih=lihat&id=78