Penutupan Pelatihan Bahasa Korea Reguler Angkatan 74/75 Persiapan Kerja Korea Selatan Melalui Program G to G di Bina Insani MTC Yogyakarta

Pada tanggal 28 November 2023, momentum penting terjadi di ruang teori 3 gedung 2 Bina Insani MTC Yogyakarta, dimana acara penutupan pelatihan bahasa Korea reguler angkatan 74/75 digelar dengan penuh semangat. Acara ini dihadiri oleh 40 siswa yang telah menyelesaikan pelatihan dengan tekun dan dedikasi tinggi.

Pembukaan acara dilakukan oleh Direktur Bina Insani, Pak Mohammad Rosydi S.Ag., yang turut memberikan sambutan hangat kepada para peserta. Beliau menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan kerja keras para siswa selama pelatihan. "Saya yakin, setiap dari kalian telah menggenggam keterampilan yang berharga untuk menghadapi tantangan di luar negeri, khususnya di Korea Selatan," ujar Pak Mohammad Rosydi.

Salah satu poin penting yang disoroti dalam sambutan pembukaan adalah pentingnya program Government to Government (G to G) antara Indonesia dan Korea Selatan. Pak Mohammad Rosydi memberikan pemahaman yang mendalam tentang manfaat kerja sama ini, yang tidak hanya memberikan peluang pekerjaan, tetapi juga memastikan keamanan dan hak-hak pekerja migran.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan motivasi yang diberikan kepada peserta. Narasumber khusus diundang untuk memberikan pandangan dan inspirasi mengenai tantangan dan peluang di luar negeri. Peserta diberikan wawasan mendalam tentang budaya Korea Selatan, tata nilai kerja, dan bagaimana menjalani kehidupan sehari-hari di negara tersebut.

Tidak hanya berhenti pada pemahaman teknis bahasa Korea, para siswa juga didorong untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya. Motivasi ini diharapkan dapat menjadi pendorong ekstra bagi mereka untuk beradaptasi dan menjadi pekerja yang tangguh di lingkungan kerja yang baru.

Sebagai penutup yang meriah, acara dihiasi dengan kehadiran makanan khas Korea yang lezat. Sesi ini tidak hanya memberikan pengalaman kuliner, tetapi juga menjadi momen kebersamaan yang erat di antara para peserta dan pengajar. Mereka mengenakan baju hanbok, pakaian tradisional Korea, menambah kemeriahan acara penutupan ini.

Dengan penuh semangat dan rasa bangga, para peserta pelatihan bahasa Korea reguler angkatan 74/75 meninggalkan acara penutupan dengan bekal pengetahuan dan semangat baru. Mereka siap melangkah ke dunia kerja di Korea Selatan sebagai duta bangsa Indonesia, membawa harapan dan kepercayaan diri sebagai calon pekerja migran yang siap bersaing di pasar global.