Penutupan Pelatihan Bahasa Jepang DJSI 24 Persiapan Program Tokutei Ginou di Bina Insani MTC Yogyakarta

Yogyakarta, 2 Februari 2024 - Kampus 2 Bina Insani MTC Yogyakarta bergemuruh dengan kegembiraan saat acara penutupan pelatihan bahasa Jepang intensif untuk calon pekerja migrant Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Program Tokutei Ginou. Acara ini menjadi momentum bersejarah bagi 19 siswa yang telah berjuang belajar selama 2.5 bulan di lingkungan yang penuh semangat dan dedikasi.

Dibuka secara resmi oleh Direktur Bina Insani, Pak Mohammad Rosydi S.Ag., acara penutupan ini tidak hanya menjadi simbol penyelesaian masa belajar, tetapi juga momen penghargaan akan perjuangan, kerja keras, dan komitmen yang telah diperlihatkan oleh para peserta.

Pelatihan yang dimulai pada pertengahan November tahun lalu ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam tentang bahasa Jepang, tetapi juga mempersiapkan para peserta untuk menghadapi tantangan budaya dan profesi di Jepang. Selama periode tersebut, siswa-siswa tersebut telah melewati berbagai pelajaran intensif, latihan praktis, dan simulasi kehidupan di Jepang yang diselenggarakan dengan cermat dan teliti oleh para pengajar yang berpengalaman.

"Dalam 2.5 bulan terakhir, kami telah menyaksikan semangat dan dedikasi yang luar biasa dari para peserta pelatihan ini. Mereka telah menunjukkan kemauan untuk belajar, bertumbuh, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang akan mereka hadapi di Jepang," ujar Pak Mohammad Rosydi dalam sambutannya.

Acara penutupan tidak hanya menjadi momen seremonial, tetapi juga ajang untuk merayakan keberhasilan bersama. Dengan tema yang menggambarkan keragaman budaya Jepang, para peserta dan undangan dapat menikmati makanan khas Jepang yang disajikan secara khusus untuk merayakan pencapaian mereka. Selain itu, suasana semakin meriah dengan kostum baju Jepang yang dipakai oleh semua peserta, menciptakan atmosfer yang autentik dan penuh kehangatan.

"Acara penutupan ini bukanlah akhir dari perjalanan kami, tetapi awal dari petualangan baru yang akan kami jalani di Jepang. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membimbing kami selama pelatihan ini," ungkap salah satu peserta dengan penuh antusiasme.

Dengan semangat yang membara dan harapan yang tinggi, para peserta melangkah ke depan menuju perjalanan mereka ke Jepang dengan keyakinan dan persiapan yang telah mereka peroleh selama pelatihan. Acara penutupan ini tidak hanya menjadi momen penutupan yang berarti, tetapi juga awal dari babak baru dalam perjalanan hidup mereka sebagai pekerja migrant yang siap bersaing di tingkat internasional.